Pertumbuhan Ekonomi Makassar 7,99 Persen, Presiden Jokowi Puji Danny Pomanto

SimponiNews.com – Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo. Pujian itu terkait pertumbuhan ekonomi Kota makassar yang mampu mencapai angka 7,99 persen meski ditengah kondisi ekonomi yang saat ini berada dalam tekanan global.

Hal tersebut diungkapkan Danny Pomanto melalui akun instagram pribadinya @dpramdhanpomanto.

‘’Makassar sendiri diakui Pak Jokowi sebagai kota yang sanggup mencapai pertumbuhan ekonomi 7,99% ditengah tekanan kondisi ekonomi global saat ini,” tulis Danny Pomanto, sapaan walikota berlatar belakang arsitektur ini.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik ( BPS) merilis Pertumbuhan ekonomi nasional kuartal I 2018 hanya 5,06 persen. Angka ini tumbuh lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi kuartal I 2017 (year on year) sebesar 5,01 persen. Bandingkan dengan pertumbuhan ekonomi Makassar, sangat jauh  dibanding pertumbuhan ekonomi nasional.

Tahun lalu Presiden Jokowi juga memuji melesatnya pertumbuhan ekonomi Makassar, yang mencapai 7,9% pada 2016. Kepala Negara itu menyebut pertumbuhan ekonomi Makassar sebagai yang tertinggi di dunia.

“Saya senang. Telah muter di beberapa provinsi misalnya, yang baik memang di Sulawesi Selatan. Pertumbuhan ekonominya  7,9%. Di Makassar, ada Pak Walikota Makassar, itu 7,9%. Ini mungkin di dunia paling tinggi,” kata Jokowi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada 2j Juli 2017 silam.

Menurut Jokowi, sangat sulit sekali bisa mencapai pertumbuhan ekonomi hingga 7,9% di tengah ekonomi global yang merosot dan ekonomi dunia yang tidak stabil.

“Sangat sulit sekali, yang namanya di Amerika, Eropa, pertumbuhan ekonomi paling 1%-2%. Angkanya itu-itu saja. Kita bisa ada yang tumbuh 7,9%, itu luar biasa,” imbuhnya.

Danny bersama 75 walikota seluruh Indonesia mendapat kehormatan menghadiri undangan khusus Presiden Joko Widodo di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (23/7/2018).

“Presiden Jokowi, ingin mendengarkan langsung persoalan di daerah. Kesempatan berharga ini tidak saya sia-siakan untuk menjelaskan permasalahan yang dihadapi Pemerintah Kota Makassar sekaligus sebagai ajang saling berbagi pengalaman,” ungkap ayah tiga putri ini.

Dalam momen tersebut, menurut Danny, Jokowi ingin mendengar langsung geliat perekonomian di masing-masing kota beserta kendala yang dihadapi.

Editor : Bang Joel