Krimsus Polda Sulsel Ungkap 2 Pelaku Penipuan Online

SimponiNews.com – Makassar – Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sulsel, menangkat dua pelaku penipuan online berkedok pinjaman menggunakan Web Fishing Bank BRI.

Kedua pelaku yang diamankan, Suparman alias Suppa Bin Keiteng (30), warga Jalan Porai, Kelurahan Limpu Rilau, Belawa, Kabupaten Soppeng dan Sudirman alias Sudi Bin Umar Bin Amir (34), Dusun I Katilang, Kelurahan Sumpang Mango, Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan kedua pelaku yang diamankan merupakan pelaku penipuan online berkedok pinjaman online dengan menggunakan Web Fishing Bank BRI.

“Pelaku yang kita amankan ini adalah dua pelaku berkedok penipuan online menggunakan Web Fishing BRI,” ucapnya, saat press release kasus penipuan online di Lobby Kantor Mapolda Sulsel, Jumat (11/1/2019).

“Dua pelaku ini adalah pelaku yang berbeda namun kasusnya sama penipuan Pinajaman Online menggunakan Web Fishing BRI,” tambahnya.

Kata dia, Modus kedua pelaku tersebut dengan membuat E-mail (Gmail) lalu kemudian dikirim kepada rekannya untuk membuat website Internet Banking BRI palsu.

“Awalnya meraka ini membuat sebuah Gmail, lalu diteruskan kepada rekannya, lalu rekannya membuat Web Banking BRI Palsu, lalu saat dia sudah buat kemudian web-web palsu ini lalu disebar menggunakan SMS melalui SMS Caster,” tuturnya.

Saat ketika korban terpedaya dengan yang ditawarkan oleh pelaku, rekan dari pelaku yang diamankan nantinya akan berkomunikasi lanjut dengan para calon korban.

“Kalau sudah terpedaya, mereka pun masuki para korban dengan iming-iming besar, namun dengan syarata korban harus memiliki rekening BRI yang terdaftar pada Internet Bangking dan didalam rekening tersebut harus ada minimal uang 10 persen dari nilai pinjaman yang diajukan, saat itu pun pelaku memandu korban untuk mengisi data-data pada web BRI Palsu” jelas, Dicky.

Saat ketika korban telah mengisi Data-data tersebut, pelaku ini pun merekam seluruh data korban hingga password rekening korban diketahui oleh Pelaku. “Saat itu pun dia merekam seluruh data korban hingga nomor pin rahasia korban, saat itu pun pelaku langsung mengambil seluruh uang korban,” tutupnya.

Dari tangan pelaku diamankan Laptop Toshiba, Laptop Lenovo, Note Book Asus. HP Iphone, 20 Modem, HP Samsung, Mouse, Kartu.