Lantamal VI Makassar Gelar Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

SimponiNews.com – Makassar, Prajurit dan PNS Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal VI) Makassar gelar upacara peringatan hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 di Lapangan Apel Arafuru Markas Komando (Mako) Lantamal VI Makassar, Sabtu (01/06/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono S.H., M.Tr (Han) dan Komandan Upacara Mayor Laut (P) Sulang Priambodo yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Dankal Birang I.6-61 Lantamal VI.

Peringatan hari Kelahiran Pancasila dilaksanakan pada pukul 08.00 Wita. Peringatan secara sederhana tersebut tidak mengurangi kekhidmatan jalannya upacara dan sangat terasa saat pembacaan Naskah Pancasila oleh Irup selama pelaksanaan upacara berlangsung, yang sebelumnya diawali penghormatan kebesaran buka dan tutup. Pada saat bersamaan seluruh peserta upacara juga ikut mengucapkan dasar negara Republik Indonesia tersebut sila demi sila.

Menurut Danlantamal VI yang membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono mengatakan Pancasila sebagai dasar Negara, ideology Negara dan pandangan hidup bangsa yang di gali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.Keberagaman kondisi geografis , flora , fauna hingga aspek antropologi dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang yang inklusif.

Turut hadir dalam peringatan hari kelahiran Pancasila tersebut , para Asisten Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI, Kafasharkan Makassar , para Kadis/Kasatker Lantamal VI. serta diikuti seluruh personel Militer Lantamal VI, prajurit Yonmarhanlan VI dan PNS Lantamal VI.

Kunjungi Halaman Facebook, Twetter dan Youtube SimponiNews.com