Peneliti Bogor Akan Eksplorasi Tanaman dan Budaya Papua

SimponiNews.com – Wamena – Papua sangat kaya dengan tanaman dan sumber alam hayati. Tanaman juga berkaitan dengan adat setempat.

Karena itu, sejumlah peneliti dari Bogor, Jawa Barat, akan mengeksplorasi adat dan budaya masyarakat pribumi saat berkunjung ke Provinsi Papua yang dijadwalkan Agustus 2017.

“Tim dari Bogor akan datang, dan bersama kami akan mengadakan eksplorasi adat dan budaya, termasuk tanaman adat dan budaya di Papua,” kata Soekarno, pendamping Kebun Raya Biologi Wamena, yang juga peneliti Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI), di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat (2/6/2017).

Peneliti yang sekarang ditempatkan di Kebun Raya Biologi Wamena, kata dia, sudah mulai melakukan pendataan terhadap tanaman-tanaman khas Papua.

“Pendataan mulai dari tanaman hias, tanaman pernak-pernik, pakaian adat, tanaman untuk ritual adat, misalnya ritual kematian dan tanaman untuk ritual pernikahan,” katanya

Satu cerita lampau tentang Papua, khususnya di daerah pegunungan yang kini digali oleh LIPI adalah terkait syarat bagi seorang pria untuk menikah dengan seorang wanita.

“Untuk cerita zaman dahulu itu kita masih kumpulkan,” katanya.

Sebelumnya, staf LIPI di Wamena juga melakukan pelestarian terhadap 14 jenis berbeda tanaman buah merah di atas lahan seluas dua hektare.

“Lahan untuk buah merah belum secara keseluruhan kami menanam full karena fokus kami bukan saja buah merah, sebab ada juga penyelamatan tanaman lain yang ada di Papua,” katanya.

Buah merah oleh beberapa orang dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit kanker, tumor, sebagai obat HIV/AIDS dan obat asam urat. (Memed)