Mushollah Al Hasanah di Bogor, Kondisinya Memprihatinkan Butuh Perbaikan

SimponiNews.com – Sebuah tempat ibadah yang terletak di Kampung Pasir Muncang, Desa Pasir Muncang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor Jawa Barat sejak tujuh tahun mengalami kerusakan yang sangat patah tanpa perhatian dari Pemerintah setempat.

Musollah Al Hasanah tersebut di bangun di awal tahun 1962 dan menjadi Masjid Jami di saat tidak ada masjid di Desa. Karena usia Masjid makin tua maka di ubah menjadi mushollah. Di musollah ini telah menjadi tempat bernaung dari ratusan ribu anak anak belajar mengaji 1962 s/d 2018

Kini musollah tersebut harus di bangun kembali dari beberapa bagian yang sudah roboh dari usianya yang sudah 56 tahun.

Luas tanah musollah 90 meter persegi, Luas bangunan 80 meter dan diperkirakan membutuhkan dana untuk membangun Rp 160 juta.

Guna proses pembangunan tempat ibadah tersebut, pihak pengurus Mushollah membentuk panitia pembangunan dan menyebarkan informasi tersebut melalui Medsos.

Menurut Ketua Panitia Bapak Salim yang dihubungi melalui nomor WhatsApp nya di nomor 081287600069,

Inilah bulan istimewa untuk menyalurkan sedekah dan infaq di bulan suci Ramadhan.
“Kami juga membuka Rekening BCA di nomor 4273030304 atas nama Nofis Husin” ujarnya.
Lebih lanjut dikatakan dikatakan melalui pencerahan agama, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إنَّما الدنيا لأربعة نفر: عبد رزقه الله مالاً وعلماً فهو يتقي فيه ربه ويصل فيه رحمه، ويعلم لله فيه حقاً فهذا بأفضل المنازل

“Dunia itu untuk 4 jenis hamba: Yang pertama, hamba yang diberikan rizqi oleh Allah serta kepahaman terhadap ilmu agama. Ia bertaqwa kepada Allah dalam menggunakan hartanya dan ia gunakan untuk menyambung silaturahim. Dan ia menyadari terdapat hak Allah pada hartanya. Maka inilah kedudukan hamba yang paling baik.” (HR. Tirmidzi, no.2325, ia berkata: “Hasan shahih”)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ما نقصت صدقة من مال وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

من أنفق زوجين في سبيل الله، نودي في الجنة يا عبد الله، هذا خير: فمن كان من أهل الصلاة دُعي من باب الصلاة، ومن كان من أهل الجهاد دُعي من باب الجهاد، ومن كان من أهل الصدقة دُعي من باب الصدقة

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

“Mushollahnya sudah mengalami kerusakan 7 tahun ini dan mulai roboh dan masih di gunakan untuk ibadah dan pengajian anak anak di Kampung Pasir Muncang, Desa Pasir Muncang Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, sebelum SPN Lido” pungkasnya. 

Penulis : Kang Memed