Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1440H Jatuh Pada Ahad, 11 Agustus

SimponiNews.com – Makassar – Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin mengumumkan hasil Sidang Isbat penetapan 1 Zulhijjah 1440H, di Kantor Kementerian Agama Jln. MH Thamrin, Jakarta, Kamis (1/8/2019) malam.

Pemerintah menetapkan 1 Zulhijjah 1440H jatuh pada Jumat, 2 Agustus 2019.

Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1440H bertepatan dengan hari Ahad, 11 Agustus 2019.

Ketetapan ini disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhammadiyah Amin mewakili Menteri Agama dalam jumpa pers usai Sidang Isbat Awal Zulhijjah 1440H yang dilaksanakan di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jln. MH Thamrin, Jakarta, Kamis (1/8) malam.

Sidang yang dipimpin oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin dihadiri oleh perwakilan MUI, unsur pimpinan Komisi VIII DPR RI , sejumlah Duta Besar negara sahabat, perwakilan negara sahabat, sejumlah pimpinan ormas Islam, dan sejumlah pejabat di eselon I dan  II Kementerian Agama.

“Seluruh peserta Sidang Isbat bersepakat bahwa 1 Dzulhijjah jatuh pada Jumat, 2 Agustus 2019,” kata Muhammadiyah Amin.

Sebelum Sidang Isbat dilakukan, dari tim Hisab Rukyat Kementerian Agama menyampaikan paparannya tentang posisi hilal.

Penetapan posisi hilal berdasar hisab sudah berada di atas ufuk, yaitu 2 derajat 4 menit sampai dengan 3 derajat 57 menit.

Untuk konfirmasi atas informasi tersebut, dilakukan rukyatul hilal di  92 titik di wilayah Nusantara.

“Berdasar laporan yang kami terima, ada 10 titik yang melihat secara langsung hilal tersebut,” ungkap Muhammadiyah Amin.

Dirjen Bima Islam itu menilai, Sidang Isbat merupakan wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah.