Era Digital Revolusi 4.0, GenBI SULSEL menggelar kegiatan Talkshow Digital Ekonomi

SimponiNews.com – Makassar –  Generasi Baru Indonesia (GENBI) Sulawesi Selatan melaksanakan Talkshow Digital Ekonomi pada hari Selasa, 27 Agustus 2019 di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, di Jalan Sultan Alauddin Km.7, Makassar.

Dihadiri oleh narasumber dari Bank Indonesia KPw Sulawesi Selatan, yakni Andi Wirianto, selaku Manajer Fungsi Koordinasi, Komunikasi, dan Kebijakan. Moderator diisi dari Ahmad Kafrawi Mahmud, S.Pd., M.Si selaku dosen Ilmu Ekonomi UIN Alauddin Makassar, serta peserta talkshow yang terdiri atas mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar.

Melihat era kehidupan sekarang yang tidak bisa lepas dari teknologi menjadikan motivasi GenBI Sulsel menggelar talkshow dengan tema “Peran Bank Indonesia dalam Digital Ekonomi”. Tema ini diusung karena secara real berdampak kepada seluruh dimensi kehidupan masyarakat terkait ekonomi. Sebagai masyarakat millennial yang mesti memiliki perencanaan terkait perkembangan ekonomi digital.

Tujuan utama diadakannya talkshow ini untuk membangun awareness dan memberi pemahaman kepada kaum millennial terkait digital ekonomi, sebab di era sekarang banyak sekali istilah baru bermunculan dalam bidang ekonomi dan merubah banyak pola kehidupan kita.

Dalam materi talkshow ini, kaum millennial diharuskan untuk lebih memprioritaskan produk-produk di dalam Negeri. Karena dampak dari digital ekonomi menyebabkan dunia semakin inter-connective. Masyarakat harus lebih bijak dalam memilih apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan, sehingga Indonesia tidak kecanduan akan minatnya terhadap barang-barang impor.

“Talkshow Digital Ekonomi merupakan salah satu rangkaian acara dari Genbi Festival 2019, dimana kegiatan GenFest merupakan Pride Program yang setiap tahun diadakan. Ini merupakan talkshow hari pertama, dimana hari kedua akan dilaksanakan besok di BI Corner Perpustakaan UIN Alauddin Makassar dengan tema yang berbeda.” Ujar Andi Muhammad Alief Ichwan, selaku Ketua Umum GenBI Sulawesi Selatan.

Ia berharap bahwa Genbi Festival ini rutin diadakan dengan mengusung tema-tema yang hangat diperbincangkan di masyarakat. Alief berharap bahwa dengan menjadi Frontliner, GenBI Sulsel dapat berkontribusi dengan sebesar-besarnya dan sebaik-baiknya khususnya untuk masyarakat di Sulawesi Selatan.

“Semoga dengan diadakannya kegiatannya ini selalu ada evoluasi dan pengembangan sehingga Genbi Festival bisa menjadi Representasi GenBI Sulsel untuk menunjukkan eksistensinya sebagai Front-liner Bank Indonesia.” Ujar Mahasiswa Jurusan Ilmu Akuntasi Universitas Hasanuddin tersebut.

Alief berharap bahwa dengan menjadi Frontliner, GenBI Sulsel dapat berkontribusi dengan sebesar-besarnya dan sebaik-baiknya khususnya untuk masyarakat di Sulawesi Selatan.

Penulis: Aulia Fajriani Kamaruddin