4 Faktor Paling Menonjol Terjadinya Kebakaran di Musim Kemarau

SimponiNews.com – Makassar – Hampir setiap hari musibah kebakaran melanda kota Makassar di musim kemarau dan penyebabnya paling menonjol ada 4 faktor, Kamis (12/9/2019).

Berikut 4 Faktor Paling Menonjol Penyebab Kebakaran yakni, Korsleting listrik atau arus pendek merupakan penyebab kebakaran paling sering terjadi baik rumah, toko dan perkantoran. Hal ini terjadi lantaran pemakaian listrik biasanya melebihi kapasitas pemakaian. Sehingga kabel listrik gampang memanas yang hanya terbuat dari karet sehingga menghasilkan percikan api kecil hingga membesar.

Hal kedua Terkadang pemilik rumah biasanya meninggalkan dapur saat memasak sehingga masakan yang dibuat menjadi gosong kemudian membesar dan merembes sekitaran dapur yang mudah terbakar sehingga terjadilah kebakaran rumah akibat kelalaian penghuni rumah.

Puntung rokok adalah faktor ketiga yang juga kerap terjadinya kebakaran dan biasanya adalah kelalaian oleh pejalan kaki atau pengendara kendaraan saat sedang merokok.  Mereka kadang membuang puntung rokok yang masih menyala ke sembarang tempat yang tidak sadar mengenai bahan yang mudah terbakar seperti sampah dan rumput kering. Kerap terjadi kebakaran sampah, alang-alang dan paling parah kebakaran hutan.

Yang ke empat ini biasanya orangtua menyimpan korek gas ditempat sembarangan yang mudah ditemukan anak-anak sehingga saat anak ini sedang bermain dan bisa menyalakan korek gas yang biasa dipakai bakar rokok. Tak sadar anak telah membakar sesuatu yang mudah terbakar dan akibatnya api mampu membakar seisi rumah.

Jadi waspadah musibah kebakaran di musim kemarau agar kiranya sangatlah berhati-hati dan memastikan isi tumah anda dalam keadaan aman dari kebakaran.

Penulis : Diana Putri