Pencanangan Hari KG PKK-KB-KES Fokus Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb menghadiri Pencanangan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesehatan Keluarga (PKK), Keluarga Berencana (KB) dan Kesehatan di Jalan Gunung Lompobattang Lorong 96, Kelurahan Pisang Utara Kecamatan Ujung Pandang, Kamis (12/9).

Pencanangan itu bertujuan untuk memperluas cakupan pelayanan, meningkatkan kualitas pelayanan, mempercepat pelayanan dan juga memperbanyak jumlah partisipasi masyarakat baik dalam bidang KB, kesehatan dan semua program terkait dengan PKK.

Iqbal menyebut yang menjadi fokus utama ialah penurunan angka kematian ibu dan bayi dalam rangka peningkatan angka harapan hidup .

“Jadi kegiatan ini bagaimana supaya masyarakat makin banyak yang terlibat di dalam program KB, PKK dan nantinya untuk tujuan akhirnya adalah menurunkan angka kematian bayi (infant mortality rate) demikian juga dengan mother mortality rate (angka kematian ibu),” jelas Iqbal.

Menurut Iqbal, hal tersebut cukup penting melihat keduanya masuk dalam salah satu komponen dari tiga indikator Human Development Index.

“Artinya kalau dari segi kesehatannya sudah makin bagus, maka infant mortality rate dan mother mortality rate itu makin turun dan itu salah satu indikator healthy (kesehatan) untuk Human Development Index,” paparnya.

Tiga komponen Human Development Index itu terdiri atas komponen kesehatan, komponen pendidikan dan komponen ekonomi.

Iqbal menjelaskan, komponen ekonomi biasanya dalam bentuk income perkapita, sedangkan komponen pendidikan dalam bentuk school enrollment.

“Untuk komponen kesehatannya adalah harapan hidup, life expectancy. Untuk menentukan life expectancy itu di dalamnya itu ada angka-angka kematian bayinya, angka kematian ibunya, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menurunkan itu,” pungkas Iqbal.