Polemik RPH, Iqbal: Tidak Ada Istilah Peleburan

Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb membantah istilah peleburan terkait polemik Perusahaan Daerah (Perusda) Rumah Potong Hewan (RPH).

Sebelumnya, santer diwacanakan adanya peleburan RPH ke Dinas Pertanian dan Perikanan (DP2) Kota Makassar.

Menurut Iqbal, yang terjadi adalah usaha pengembalian RPH menjadi aset daerah sehingga bisa dilakukan perbaikan. Pasalnya, dengan status RPH saat ini, dana tidak dapat disalurkan ke dalam Perusda tersebut.

“Kan belum. Tidak ada istilah peleburan tapi bagaimana mencarikan dana supaya itu bisa diperbaiki karena itu kan tidak bisa kita tingkatkan, tidak bisa APBD masuk, tidak bisa bantuan luar negeri masuk. Jadi bagaimana administrasinya supaya itu dikembalikan menjadi aset daerah sehingga bisa diperbaiki lagi,” jelas Iqbal (12/9).

Kendati demikian, Iqbal juga menampik rencana perubahan status RPH dari Perusda menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). Menurutnya, apapun status RPH, diharapkan dapat meningkatkan kualitas RPH itu sendiri.

“Itu bisa saja dalam bentuk UPTD, bisa saja dalam bentuk tidak harus UPTD. Tergantung aja. Intinya adalah kita ingin meningkatkan kualitasnya sesuai dengan standar namun itu terhalang oleh status,” pungkasnya.