Usai Pantau Perangkat Data Transaksi Online, Iqbal Beri Peringatan kepada Wajib Pajak

PJ Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb melakukan pemantauan alat perekam data transaksi online sistem (OLS) di beberapa hotel dan restoran di Kota Makassar, Jumat (13/9/2019).

Iqbal melakukan pemantauan bersama dengan tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Iqbal menjelaskan, pihaknya secara serius ingin memaksimalkan pendapatan daerah yang diterima melalui setoran pajak.

Ia juga berharap dengan pemasangan alat perekam ini dapat memastikan nominal pajak dari semua wajib pungut pajak benar-benar disetorkan.

“Karena pajak itu adalah uang dari masyarakat untuk negara yang dititipkan ke wajib pajak. Itu sebenarnya bukan pemasukannya wajib pajak, tapi uang yang dititipkan,” terang Iqbal.

Ia pun mewanti-wanti kepada wajib pajak agar tak main-main dalam pelaporan pajaknya sebab, aturan terkait itu telah jelas tertuang dalam Peraturan Wali Kota Nomor 35 tahun 2016.

“Sehingga jika uang yang dititipkan tidak disetor, itulah, di undang-undangnya jelas (sanksi pidana) 6 tahun,” tegasnya.

Pemantauan alat perekam ini dilakukan di beberapa lokasi, diantaranya, Hotel Grand Asia, Starbucks Mall Ratu Indah, MC Donald Mall Ratu Indah dan Rumah Makan Sulawesi Baru di Jalan Pattimura.