Lantamal VI Laksanakan Gladi Latihan Operasi Gabungan Terpadu Penanggulangan Bencana TA 2019

SimponiNews.com – Makassar, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) melaksanakan Gladi Latihan Operasi Gabungan Terpadu Penanggulangan Bencana TA 2019 bertempat di Dermaga Layang Mako Lantamnal VI, Selasa (26/11/2019).

Pelaksanaan Gladi Latihan ini, dipimpin langsung oleh Dansatrol Lantamal VI Kolonel Laut (P) Victor Pardamean Y Siagian S.T., M.M., yang juga sebagai ketua ketua Kelompok Penyelengara Latihan (KPL).

Menurut KPL Operasi Gabungan Terpadu Penanggulangan Bencana TA 2019 Ini menyampaikan, Gladi yang dilaksanakan ini adalah pemantapan Latihan untuk pelaksanaan pada hari Rabu tanggal 27 November 2019 dengan melibatkan unsur-unsur TNI/POLRI yaitu dari pasukan TNI AD, pasukan Paskhas TNI AU, Pasukan Korps Brimob Polda Sulsel, Satgas kesehatan. Satgas evakuasi, Satgas SAR, Satgas pengungsi serta instansi terkait lainnya.

“Dalam gladi ini, akan dijelaskan tentang tugas dan fungsinya masing-masing bagian yang terlibat dalam hal kesiapan operasi baik personel maupun material, yang kemudian dilanjutkan dengan embarkasi personel maupun material ke dalam KRI, melaksanakan pertolongan lewat jalur laut dengan KRI di daerah yang terisolir, yang selanjutnya dilaksanakan penyelamatan korban”, ujar Dansatrol Lantamal VI.

“Hari ini, semua personel maupun material akan digladikan sehingga pada saat pelaksanaan akan berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan dengan tetap memperhatikan keselamatan personel dan material yang memadai”, tambahnya.

Sebelum pelaksanaan Gladi, di tempat yang sama pula diadakan Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Gabungan Terpadu Penanggulangan Bencana TA 2019.

Turut meninjau pelaksanaan Gladi ini, para Asisten Danlantamal VI serta Kadis dan Kasatker Lantamal VI.