Angkat Peran Dokgimil Menyiapkan Prajurit Unggul Di Masa Depan, Dokter Ladokgi TNI AL Yos Sudarso Sabet Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah TNI

SimponiNews.com – Makassar-Kamis (12/12/2019), Mayor Laut (K) drg. Lusy Damayanti, Sp. KGA dari Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI AL Yos Sudarso Makassar meraih juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam rangka HUT Ke-51 Pusat Kesehatan (Puskes) TNI Tahun 2019 di Cilangkap-Jakarta Timur.

Dokter Lusy sapaan akrab sehari-harinya ini mendapatkan penghargaan dari hasil karya tulis Ilmiah dalam bahasa inggis yang mengangkat peran Kedokteran Gigi Militer (Dokgimil) dalam kesiapsiagaan menciptakan prajurit yang unggul di masa depan melalui promotif dan preventif kesehatan gigi sejak dini di mulai dari anak prajurit.

“Alhamdulillah, kami dapat penghargaan juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam bahasa Inggris di Puskes TNI yg di ikuti oleh 3 Matra TNI se-Indonesia”, ujar dokter gigi yang juga sebagai mahasiswa S3 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini.

Menurut keterangannya, lomba di bagi dalam kelompok Perwira Pertama (Pama) dan Perwira Menengah (Pamen) yg berasal dari TNI AD, AL dan AU se-Indonesia yang bertujuan untuk menumbuhkan generasi penulis karya ilmiah di TNI dan bisa bereputasi Internasional.

“Dengan peran Dokgimil melaui edukasi kepada anak-anak prajurit diharapkan dapat mengurangi dan menurunkan prevalensi laries gigi anak dan merambah di luar anak prajurit sehingga tercipta calon prajurit yg unggul untuk masa depan, hingga akhirnya dapat merasakan peran Kedokteran Gigi Militer (Dokgimil) bukan saja pada masa perang dan masa selain perang, tapi juga dalam masa damai”, tambahnya.

Penyerahan hadiah lomba di serahkan langsung oleh Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Bambang Dwi HS, Sp. B, FinaCS, M.Si di Taman Satma Mabes TNI pada hari Rabu tanggal 11 Desember 2019 saat acara Syukuran HUT Ke-51 Puskes TNI.