Polisi Berhasil Ungkap Sindikat Pembobol ATM Jaringan Internasional

SimponiNews.com – Makassar – Polrestabes Makassar berhasil menangkap sindikat pembobol ATM Sindikat Jaringan Interonasional, Minggu (29/12/2019)

Seorang warga Negara Malaysia Azmi Bin Abdullah (35) ditangkap polisi usai membobol gerai ATM di kawasan pantai losari kota Makassar. Pelaku masuk ke Indonesia menggunakan kunnjungan wisata.

Ia diamankan bersama barang bukti berupa kartu member yang telah diisi data rekening nasabah bank di Indonesia beserta uang tunai sebanyak seratus juta lebih.

Dari hasil pemeriksaan sementara pelaku diketahui merupakan anggota sindikat Skimming ATM yang dikendalikan oleh seorang berwarga Negara Bulgaria yang bermukim di Malaysia bernama Bro.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono mengatakan pelaku yang ditetapkan sebagai tersangka ini diduga sindikat Skimming yang dikendalikan oleh warga Negara Bulgaria yang bermukim di Negara Malaysia bernama Bro yang kini statusnya buron kepolisian.

Tersangka datang ke Indonesia menggunakan visa kunjungan wisata dengan misi menarik uang menggunakan kartu member yang telah diisi data curian atau hasil skimming data nasabah bank di Indonesia.”ungkapnya

Yudhiawan menjelaskan tersangka awalnya diamankan petugas bank di Gerai ATM Pantai Losari jalan Penghibur kota Makassar lantaran menggunakan beberapa kartu berbeda di satu mesin ATM. Petugas Bank langsung menyerahkan tersangka ke kepolisian dan melakukan pengembangan ke hotel tempatnya menginap tak jauh dari lokasi Gerai ATM.

Di hotel tempat tersangka menginap, petugas menemukan barang bukti berupa uang tunai hasil skimming yang jumlahnya sekitar Rp. 100 juta. Menyita 44 kartu member yang diduga menyimpan data sejumlah nasabah bank di Indonesia. Dimana data tersebut dicuri menggunakan modus Skimming.

Kemudian tersangka merapkan pasal berlapis yakni pasal 30 undang undang nomor 11 tahun 2008 tentang ITE serta pasal 362 KHUP dengan ancaman hukuman penjara 12 tahun. “tutupnya

Penulis : Sampara