537 Peserta Calon Tamtama PK TNI AL Gel. I TA 2020, Jalani Tes Kesehatan I Di Lantamal VI

SimponiNews.com – Makassar, Para calon prajurit Tamtama PK TNI AL Gel. I TA 2020 penerimaan Panitia Daerah (Panda) Makassar berjumlah 537 peserta pendaftar melaksanakan Tes Kesehatan I bertempat di Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VI, Selasa (07/01/2020).

Pelaksanaan tes kesehatan pertama merupakan rangkaian kegiatan tes seleksi masuk menjadi Calon Siswa (Casis) prajurit Tamtama PK TNI AL Gel. I TA 2020 yang akan berlangsung mulai tanggal 07 s.d. 09 Januari 2020..

Adapun proses pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Tim kesehatan dari Diskes Lantamal VI, yang dipimpin langsung oleh Kadiskes Lantamal VI Letkol Laut (K) drg. Heri Herliana Sp. BM, M.H.Kes, Mtr. (Opsla) dan dibantu personel Dinas Kesehatan (Diskes) dan Rumkital Jala Ammari Lantamal VI.

Kadiskes Lantamal VI menyampaikan bahwa untuk tes kesehatan tahap pertama meliputi pemeriksaan kondisi umum : pengukuran tinggi dan berat badan, morfologi tubuh apakah ada cacat/kelainan, pemeriksaan organ dalam, varikokel, varices, ambeien, pemeriksaan THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan), pengecekan tekanan darah, nadi, kesehatan mata, tes buta warna serta pemeriksaan kesehatan gigi.

“Tes kesehatan tahap pertama untuk hari ini Selasa tanggal 07 Januari 2020 diikuti oleh 186 peserta dari 537 pendaftar dan sisanya akan dilanjutkan pada besok hari sampai dengan tanggal 09 Januari 2020, untuk itu diharapkan seluruh calon prajurit Tamtama PK TNI AL Gelombang I TA. 2020 dalam melaksanakan tes dapat menjaga kesehatan guna menunjang kegiatan seleksi yang berlangsung secara berkelanjutan”, ujarnya.

Aspers Danlantamal VI Kolonel Laut (S) Mulyawan, S.E., selaku Sekertaris Panda Makassar mengutarakan dalam tes kesehatan ini, para calon prajurit Tamtama TNI AL Gel. I TA 2019 yang lolos akan melanjutkan tes Psikologi dan Wawancara serta menyiapkan kembali kemampuan terbaiknya dalam menjawab setiap lembar pertanyaan tertulis maupun lisan, yang akhirnya dapat mengantarkan para calon prajurit ke tahap Pantukhirda.

“Semua tes tersebut melalui tahapan seleksi yang sangat ketat, objektif, dan transparan jadi tidak ada keterpihakan dalam penerimaan dan semuanya tergantung oleh kondisi para Calon ini”, tambah Aspers Danlantamal VI.

Tampak Karumkital Jala Ammari Lantamal VI Letkol Laut (k) dr Budi Santosa, Sp.P., meninjau kegiatan tes kesehatan ini.