Sukseskan Event “Garuda Di Lautku”, Pramuka Saka Bahari Se-Sulsel Laksanakan Apel Besar Di Lantamal VI

SimponiNews.com – Makassar, Dalam rangka menyukseskan Event “Garuda Di Lautku”, Pramuka Saka Bahari se-Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan Apel Besar bertempat di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, Kamis (09/01/2020).

Apel besar yang dikoordinir oleh Ketua Pimpinan Satuan Karya (Kapinsaka) Pramuka Bahari Kwartir Daerah Sulsel yang juga sebagai Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal VI Kolonel Marinir I Dewa Gede Wirawan, S.E ini dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas selaku Ketua Majelis Pembimbang Satuan Karya (Kamabisaka) Pramuka Bahari Kwartir Daerah Sulsel.

Apel Ketua Pimpinan Satuan Karya (Kapinsaka) Pramuka Bahari Kwartir Daerah Sulsel yang juga sebagai Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal VI Kolonel Laut Marinir I Dewa Gede Eirawan,

Dalam sambutannya, Danlantamal VI menyampaikan Satuan Karya (Saka) Pramuka Bahari yang disingkat Saka Bahari adalah salah satu satuan karya pramuka yang diselenggarakan secara nasional di Indonesia yang pembinaannya dilaksanakan melalui kerja sama antara gerakan pramuka dengan TNI Angkatan Laut sebagai wadah membangun karakter generasi muda guna menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian.

”Oleh karena itu Apel Besar Saka Bahari se-Sulawesi Selatan Tahun 2020 ini mengambil tema “Melalui Apel Besar Saka Bahari Se-Sulawesi Selatan kita sukseskan kegiatan Garuda Di Lautku karena laut adalah masa depanku”, ujar Danlantamal VI.

Dengan tema tersebut, Danlantamal VI berharap untuk dapat lebih menggali potensi maritim yang dimiliki, menjaga, memelihara dan melestarikannya, agar generasi muda khususnya saka bahari dapat menjadikannya sebagai kekuatan pengganda guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas pertahanan negara di laut, serta mencari solusi guna pemberdayaan potensi maritim.

“Garuda Di Lautku adalah even akbar penuh filosofi persatuan dan kesatuan bangsa, dimana Garuda adalah Lambang Negara Indonesia dan laut juga salah satu media pemersatu bangsa. Garuda Di Laut yang akan divisualkan secara total di laut Indonesia tepatnya di dasar laut pulau Kodingareng Keke dengan transplantasi terumbu karang akan membangkitkan jiwa kebangsaan, memulihkan ekosistem laut dan mendorong wisata baharí”, tambah Danlantamal VI.

“Dalam event Garuda Di Lautku ini, anggota pramuka Saka Bahari adalah sebagai Garuda-garuda muda yang akan berbakti dan melestarikan laut di wilayah NKRI”, tegas Danlantamal VI.

Usai pelaksanaan Apel Besar, Danlantamal VI beserta Wadan Lantamal VI, Para undangan yang terdiri dari para Asisten Danlantamal VI, pejabat Lantamal VI lainnya dan seluruh Pembina Saka Bahari se-Sulsel disuguhi atraksi Angngaru dilanjutkan dengan Tarian adat Makassar Tulolonna Sulawesi yang digabung dengan atraksi Semapur persembahan dari gabungan anggota pramuka Saka Bahari se-Sulawesi Selatan.