HMJ PPKn FIS UNM Gelar Event Besar, OLIMPIADE PPKn IX Tingkat Sulawesi

SimponiNews.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan PPKn FIS UNM akan menyelenggarakan kegiatan “Olimpiade PPKn IX” yang rencana akan berlangsung pada tanggal 27-29 Maret 2020 mendatang di kampus UNM Gunung Sari Makassar dengan mengangkat tema “Merajut Kebhinnekaan dan Menumbuhkan Nasionalisme melalui Olimpiade PPKn IX”. Menjadikan siswa-siswi SMA/SMK/MA sederajat Se-Sulawesi sebagai sasaran peserta. Adapun cabang lomba yang akan diperlombakan adalah Cerdas Cermat, Debat Konstitusi, Pidato Kebangsaan, KTI dan Akustik Kebangsaan.

Olimpiade PPKn IX ini bertujuan untuk membangun semangat nasionalisme dan pancasila dalam diri generasi bangsa sejak dini, menumbuhkan rasa penghormatan terhadap pancasila dari generasi muda sehingga dapat melahirkan jiwa yang mampu membela dan menjaga kemurnian dari nilai-nilai pancasila.

Pendaftaran dimulai dari tanggal 3 Februari sampai dengan 21 Maret 2020. Pendataran dapat dilakukan secara online melalui link form pendaftaran: http://bit.ly/PENDAFTARAN_OLIMPIADE_PPKn_IX maupun secara langsung di Universitas Negeri Makassar Kampus Gunung Sari, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Alma Arif Ibrahim selaku Ketua Umum HMJ PPKn FIS UNM mengutarakan bahwa Olimpiade PPKn IX hadir untuk mengasah kemampuan nalar dan keterampilan generasi Indonesia khususnya siswa-siswi SMA/SMK/MA sederajat se-SULAWESI.

Selain itu kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahim antara sesama guru-guru PPKn yang ada di Sulawesi, antara dosen PPKn dan Guru-guru PPKn, serta antar siswa SMA/SMK/MA se-Sulawesi.

Prof. Dr. H. Hasnawi Haris, M. Hum sebagai alumni jurusan PPKn FIS UNM sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Ketua PGRI Sul-Sel dan selaku Ketua AP3KNI sangat mengapresiasi kegiatan ini bahkan menganjurkan kepada SMA/SMK/MA sederajat Se- Sulawesi untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Hadirnya kegiatan Olimpiade PPKn IX ini sangat strategis dan dibutuhkan untuk mengawal dan melestarikan nilai-nilai pancasila yang ada dalam kehidupan masyarakat,” Hasnawi Haris menuturkan sepenggal kalimat sebagai wujud antusias birokrasi fakultas atas hadirnya rencana kegiatan Olimpiade PPKn IX ini.

Kegiatan ini diharapkan menuai respon positif dari berbagai pihak, menginternalisasikan rasa Nasionalism dan Pancasilaism sebagai wujud dari aktualisasi pendidikan kewarganegaraan terhadap generasi muda bangsa Indonesia.